Sidrap Kembali Dapat Dua Bantuan Program Nasional

 

 

Pemerintah Kabupaten Sidrap di bawah pimpinan Bupati Sidrap, Rusdi Masse, kembali mendapatkan dua Program Nasional.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sidrap, Awaluddin dalam rapat Koordinasi awal dua program Nasional yang dilaksanakan di Baruga, Kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Kedua Program Nasional ini merupakan Program Pemerintah Pusat yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sidrap di tahun 2018. Program tersebut adalah program bantuan langsung ke Masyarakat yaitu Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).
Program Pamsimas ini ditujukan untuk tiga desa yaitu Desa Sumpang Mango, Kecamatan Pituriawa, Desa Allesalewo, Kecamatan Panca Lautang dan Desa Passeno, Kecamatan Baranti. Total anggaran dari proses Pansimas sebesar Rp 735 Juta.
Program Pansimas ini bertujuan untuk mencakup semua masyarakat Sidrap dalam mengakses air bersih. Sekarang iniĀ  masih ada 11 persen masyarakat yang belum mengakses air bersih secara layak.
Dengan masuknya program Pansimas ini yang dapat menjangkau kurang lebih 200 rumah. Masyarakat dapat mengakses air bersih secara layak dan sesuai dengan standar kesehatan bagi masyarakat khusus yang berpenghasilan rendah.
Program Nasional kedua yang disalurkan oleh pemerintah pusat secara cuma-cuma yaitu program Hibah Air Minum Pedesaan dengan anggaran Rp 5 Milyar.
Program ini sasarannya 2 ribu rumah tangga yang akan mengakses air bersih. Pihak Pansimas sudah membangun sumber air tapi air belum masuk kerumahnya masyarakat.
Melalui Program Hibah Air Minum Pedesaan bagaimana air bersih ini bisa masuk kedalam rumah warga melakukan pipa distribusi yang sudah dibangun pihak Pamsimas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *